Minggu, 08 Januari 2012

Keseluruhan Desain Pemodelan Grafik

Pada postingan yang lalu, Saya sempat membahas tentang pemodelan desain grafik. Mulai dari pengertian sampai aplikasi yang memiliki hubungan erat dengan pemodelan desain grafik. Kali ini Saya ingin memberitahu tentang desain pemodelan grafik secara keseluruhan dari tulisan yang pernah dibuat sebelumnya.

Pemodelan desain grafik adalah proses menciptakan model dari objek-objek 2D dan 3D, sehingga objek tersebut memiliki makna. dalam pemodelan desain grafik, ada 2 jenis gambar yaitu, vektor dan bitmap. Gambar yang dihasilkan bisa disimpan dalam format vektor atau bitmap. jika ingin merubah format cukup mengonvert gambar ke format yang diinginkan.

Tidak hanya berhubungan dengan komputer, pemodelan desain grafik pun memiliki hubungan dengan budaya. misalnya, motif yang terdapat pada batik. DPG juga berhubungan dengan mata kuliah yang lain seperti, Interaksi Manusia Komputer (IMK).
Salah satu contoh aplikasi DPG yang juga berhubungan dengan IMK adalah EToys. Dan salah satu contoh aplikasi pemodelan 3D dalam DPG adalah blender.


Bagi Saya, desain pemodelan grafik memiliki peranan penting dalam mendesain bagian komputer. Baik mendesain Hardware (tampilannya, kenyamanan dalam mengunakan) dan mendesain software (tampilan GUI, kemudahan dalam menggunakan).  

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar