Rabu, 08 Juni 2011

PYTHON: Membuat program sederhana

Oke, kali ini kita mulai membuat program sederhana di PYTHON.
Program ini adalah program wajib bagi pemula. Nama program ini adalah.... JENG JENG!!!

"HELLO WORLD!"

Hha... Ya, ini adalah program yang wajib buat para pemula. Hampir semua master kodingan berawal dari membuat program ini.
Well, langsung ke pokok permasalahan. Sekarang buka IDLE (python GUI), pilih new lalu ketikkan script berikut:
Hello world
Disini Saya menggunakan text editor gedit (perbedaan text editor tidak masalah kok.... :D ). setelah mengikuti listing di atas, save program tersebut. Ingat, extension dari program python adalah .py. Kemudian tekan F5 untuk menjalankan program.
Bila salah satu dari kalian ada yang menggunakan text editor bawaan dari sistem operasi (Seperti Saya), contoh: Notepad, Gedit, dll. Maka, cara menjalankan program tersebut harus lewat terminal (windows: command prompt). berikut cara menjalankannya:
1. Linux
    buka terminal (CTRL + ALT + T). Lalu masuk ke dalam direktori program tersebut (gunakan cd untuk pindah/masuk ke dalam direktori, dan cd .. untuk keluar dari direktori). Setelah itu ketikkan perintah berikut: 
chmod +x nama_program.py
python nama_program.py

Python di Linux

2. Windows
   Buka command prompt.  Lalu masuk ke dalam direktori program tersebut (gunakan cd untuk pindah/masuk ke dalam direktori, dan cd .. untuk keluar dari direktori). Setelah itu ketikkan perintah berikut: 
nama_program.py

Python di Windows

Sebenarnya Kita bisa menuliskan program python secara interaktif, yaitu dengan cara memanggil interpreternya terlebih dahulu. pilih python (command line) untuk menjalankan program python secara interaktif. Bagi teman-teman pengguna linux cukup mengetikkan python pada terminal.
Python di Linux

Ketika menjalankan python secara interaktif, akan terlihat versi python yang digunakan. Ya, arti dari tulisan Python 2.7.1+ adalah versi dari python yang sedang Saya gunakan. Jika sudah selesai, tekan CTRL + D untuk menonaktifkannya.
Yang perlu diingat, script pada python versi 2 dan versi 3 ada sedikit perbedaan. Namun, jika ingin menjalankan script python versi 2 pada versi 3 sah-sah saja, karena program ini belum terlalu rumit.

Masih penasaran?... Tunggu postingan Saya yang berikutnya ya :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar