Kamis, 04 November 2010

HDMI (High Definition Multimedia Interface)


Bagi temen-temen yang punya notebook keluaran akhir tahun 2009 atau awal 2010, coba cek port bagian kiri. Pasti ada port yang bertuliskan HDMI.


Yapz, notebook keluaran akhir tahun 2009 dan seterusnya memang sudah didukung oleh HDMI. Tapi, tahukah kalian kegunaan atau fungsi dari HDMI tersebut?... Mari kita bahas...

Port HDMI bisa digunakan untuk mengkoneksikan seluruh sumber audio/video berbentuk digital seperti Blu-ray Disc player, PC, video game , dan televisi digital, console, monitor computer. HDMI mendukung berbagai macam video format pada PC ataupun TV termasuk format standard dan high definition video. Ia juga mendukung sampai 8 channel digital audio, dan koneksi Consumer Electronics Control (CEC). Uniknya, semua itu bisa anda dapatkan hanya dengan 1 kabel saja. Bandingkan jika anda menggunakan analog, akan ada banyak kabel yang berbeda yang harus anda gunakan. CEC sendiri disini digunakan supaya HDMI device mampu mengontrol satu sama lain jika diperlukan, sehingga jika pengguna ingin mengoperasikan beberapa device yang berbeda, cukup gunakan fasilitas yang ada pada remote control saja.
Kelebihan dari HDMI, karena ia memiliki arus listrik dan signal yang sama seperti digunakan oleh port DVI (Digital Visual Interface), maka jika Anda menggunakan adapter converter dari DVI ke HDMI tidak diperlukan Koneksi signal dan yang paling penting tidak akan ada penurunan kualitas video dan suara.

=> Fitur HDMI
      HDMI pertama dikenalkan pada Desember 2002 yang dikenal dengan nama HDMI 1.0 ini. Saat ini           HDMI versi terbaru adalah HDMI 1.3c, yang tentunya memiliki penambahan fitur lagi. Seperti dukungan terhadap Deep Color, auto lip sync, dan dua high-definition multichannel audio formats yang digunakan blue-ray disc. Setiap versi dari HDMI menggunakan type cable yang sama, juga tetap menggunakan konektor 19-pin yang sama. Namun setiap peningkatan versi, kapasitas bandwidth selalu ditingkatkan dan tentu saja beberapa fitur-fitur baru selalu disertakan setiap ada HDMI versi baru.

=> Kemampuan Audio
      Selain kemampuan visual digital yang dimiliki HDMI, tentunya tak ketinggalan juga kemampuan audio digitalnya. Pada HDMI 1.0 sudah mendukung 8 channel LPCM (linear pulse code modulation) pada sampling rate hingga 192kHz dan 24-bit resolution. Sedangkan,  pada HDMI 1.3 ditambahkan dukungan terhadap 8 channel surround-sound streams encode menggunakan algoritma kompresi Dolby TrueHD dan DTS-HD Master Audio. Untuk diketahui, semua versi HDMI sudah mendukung fitur Dolby Digital dan DTS lossily compressed bit streams.
Pemrosesan yang cukup kompleks  untuk video terkadang membuat signal audio datang sebelum signal video datang, sehingga menjadi tidak sinkron antara gambar yang muncul dengan audio (suara) yang muncul belakangan. Untuk itu, pada HDMI 1.3 dihadirkan fitur baru yang disebut auto lip sync, dimana dengan fitur ini, akan secara otomatis terhindar dari permasalahan seperti diatas.

Untuk pemilihan beberapa perangkat HDMI yang ingin dibeli, tentunya Teman-teman juga harus mengetahui fitur-fitur apa saja yang ditawarkan oleh perangkat tersebut. Fitur-fitur tersebut seperti Deep Color, xvYCC color space, Dolby TrueHD, dan DTS-HD Master Audio adalah opsional. Jadi, tidak semua perangkat HDMI memiliki fitur seperti ini.

Pastikan terlebih dahulu sebelum membeli.





Sumber: Majalah PC Media

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar