Kamis, 10 November 2011

Desain Pemodelan Grafik dan Interaksi Manusia dan Komputer (Part 1)


Sepertinya, desain pemodelan grafik tidak akan ada habisnya untuk dibahas. Kali ini, Saya akan membahas tentang hubungan desain pemodelan grafik dengan interaksi manusia dan komputer. Sebelum melangkah lebih jauh, ada baiknya kita mengenal apa itu interaksi manusia dan komputer?..

pada tahun 1970 mulailah dikenal istilah antarmuka pengguna (user interface), yang dikenal dengan Man Machine Interface (MMI). Hal ini mulai menjadi perhatian bagi para peneliti dan perancang sistem. Kemudian perusahaan komputer mulai memikirkan aspek fisik dari antarmuka pengguna sebagai fakor penentu keberhasilan dalam pemasaran produknya. Lalu pada pertengahan 1980-an istilah human-computer interaction (HCI) mulai muncul sebagai bidang studi yang baru.

Setelah membaca sejarah singkat tentang IMK, sekarang kita beralih ke pengertiannya. IMK sendiri adalah disiplin ilmu yang mempelajari hubungan manusia dan komputer agar mudah digunakan oleh manusia. Hubungannya dengan desain pemodelan grafik adalah desain yang digunakan pada antarmuka pengguna. Sebagai contoh, pasti diantara kita pernah menggunakan komputer. Ketika sedang asyik bermain game, atau mengetik tugas tiba-tiba si komputer error. Kemudian terjadilah yang namanya blue screen. Saya tidak akan membahas masalah terjadi blue screennya, tapi Saya ingin membahas tentang kenapa perusahaan pembuat sistem operasi tersebut memilih latar berwarna biru daripada warna yang lain. Menurut penelitian, warna biru adalah warna yang menenangkan, membuat hati damai. Hal ini dimaksudkan agar, si user tidak panik ketika komputer mengalami error. Maka dari itu, perusahaan pembuat sistem operasi tersebut lebih memilih warna biru daripada warna yang lainnya.

Blue screen


sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Interaksi_manusia-komputer
https://docs.google.com/viewer?a=v&q=cache:tnuhI-YuEusJ:eprints.undip.ac.id/22738/1/Pert4_KonsepIMK.pdf+interaksi+manusia+dan+komputer&hl=id&gl=id&pid=bl&srcid=ADGEESj6sVwvdkeEZXnkN-ehzhJ7GWmXVThR0-VONs9MBE7Dkz8Sm9yQG-hzt1K2P8HM7lTLTiSc55W5NADAxsK0RhjDGRCBrjY2pv2OUsSg2kd97Goy5k7HRxq1VA_dyblJB9WHeTnO&sig=AHIEtbTFM0POTxXQnme-9P9pHfp_Aq-45g

Tidak ada komentar:

Posting Komentar