Kamis, 10 November 2011

Desain Pemodelan Grafik dan Budaya Batik


pada postingan sebelumnya, Saya sempat menyinggung tentang desain pemodelan grafik. Mulai dari pengertian, jenis gambar, dan aplikasinya. Pada postingan kali ini, Saya akan menjelaskan tentang hubungan desain pemodelan grafik dengan budaya.

Kegiatan menggambar sudah dikenal oleh nenek moyang manusia. Pada zaman dulu, biasanya kegiatan menggambar dilakukan didalam gua. Jika teman-teman pernah melihat tayangan National Geographic dan Discovery Channel, disitu dijelaskan bagaimana manusia pada jaman dulu menggambarkan kisah hidupnya melalui lukisan pada dinding gua.


Di zaman modern seperti saat ini, kegiatan menggambar bisa dilakukan diatas kertas, kain, bahkan melalui sebuah alat yang disebut komputer pun bisa.

Oke, sekarang kita balik ke hubungan DPG dengan budaya. Kalian tahu batik?.. batik merupakan warisan budaya Indonesia. Pembuatan batik tidaklah semudah yang dibayangkan. Ada teknik khusus untuk membuatnya. Nah, dalam pembuatannya canting dan malam digunakan sebagai alat untuk menggambar, dan kain digunakan sebagai media menggambar.

Batik memiliki berbagai macam motif. Setiap motif memiliki makna tersendiri. Sebagai contoh, batik dengan motif parang biasanya digunakan oleh para bangsawan.   

R.A Kartini dan Suami menggunakan
kain batik bernotif parang

Batik cirebon bermotif makhluk laut

sumber:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar