Rabu, 19 Oktober 2011

Apa itu pemodelan desain grafik?

Pemodelan desain grafik...
Hmmm, apa yang ada dipikiran teman-teman ketika mendengar kata itu?.. pastinya gak akan jauh-jauh dari gambar. Nah, kali ini Saya ingin membahas sedikit tentang

Apa itu pemodelan desain grafik?”..

setelah membuka beberapa situs, Saya memiliki persepsi sendiri tentang Pemodelan desain grafik.

Pemodelan desain grafik adalah proses menciptakan model dari objek-objek 2D dan 3D, sehingga objek tersebut memiliki makna..

nah, ketika belajar pemodelan desain grafik. Biasanya kalian akan mendengar kata vektor dan bitmap.

Bagi teman-teman yang sering bermain dengan aplikasi grafis seperti photoshop, corel draw, gimp, dan ink scape mungkin tidak kaget dengan kedua kata tersebut.

Bagi yang belum tahu, ini pengertian yang Saya temui di internet:
Gambar bitmap merupakan resolution dependent.Kualitas gambar bitmap sangat bergantung pada banyaknya titik atau pixel yang membentuk gambar atau yang disebut dengan resolusi.
Nah, kualitas bitmap sangat bergantung sama yang namanya resolusi ini. Makanya, ketika temen-temen membeli kamera digital, notebook, ataupun Handphone pasti ketemu kata resolution di brosur. Hal ini menunjukan kepada kualitas gambar yang akan dihasilkan. Kalo gak salah, kualitas resolusi yang paling besar untuk saat ini sekitar 1080 pixel.



Gambar vektor dibuat melalui garis,kurva dan bidang secara individual yang didefinisikan secara matematik,yaitu berupa fill dan stroke. Gambar vektor tidak tergantung pada resolusi.
Biasanya, gambar vektor dicirikan dengan gambar yang tidak akan pecah ketika di perbesar beberapa kali. Sebaliknya dengan bitmap, dia akan terlihat pecah-pecah ketika diperbesar.

Udah ngerti kan?
See ya... :D


sumber:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar