Rabu, 06 Oktober 2010

COBOL (Common Business Oriented Language)

Wah-wah,, lama juga gak ngeblog lagi... Kali ini Saya mau nulis tentang Bahasa Pemrograman yang bernama COBOL.

Sekilas tentang COBOL, COBOL (Common Business Oriented Language) adalah suatu bahasa komputer awam (High Level Language) yang berorientasi langsung pada permasalahan bisnis.
COBOL hampir dapat digunakan pada semua komputer bila terdapat compiler COBOL-nya. Diciptakan pada tahun 1959 dan dikembangkan oleh suatu grup bernama CODASYL (Conference on Data System Language).

Oke,, untuk sejarahnya cukup sampai disitu...
Sekarang kita langsung ke struktur programnya... Program COBOL dibagi kedalam 4 bagian yang disebut DIVISION. Masing-masing divisi dimulai dengan judul urutan sebagai berikut:

  • IDENTIFICATION DIVISION
  • ENVIRONMENT DIVISION
  • DATA DIVISION
  • PROCEDURE DIVISION
Keempat divisi yang ada diatas, WAJIB ditulis ulang ketika membuat program... kalo gak,, yah bisa kalian cobalah di komputer masing-masing... Tata cara penulisannya pun ada aturannya,, berikut aturannya:
  • kolom 1 -- 6     :  Digunakan untuk nomor urut bilamana diperlukan, sifatnya optional, dan nomor yang   diberikan harus urut ascending.
  • kolom 7            :  a. Tanda baris sambung dari baris sebelumnya dengan memberikan tanda hypen (-), baris sambungannya dimulai dari Area B... Bila kolom ini di isi dengan karakter “*” , maka apa yang ditulis pada baris ini akan dianggap sebagai komentar... Bila kolom ini di isi dengan slash (/), maka baris yang ada tanda ini dianggap sebagai komentar dan akan dicetak mulai halaman baru teratas, bila source program dicetak di printer... Bila kolom ini di isi dengan karakter “D” , baris ini juga dianggap sebagai komentar, tetapi bila pada ENVIRONMENT DIVISION dalam paragraph SOURCE-COMPUTER disebutkan WITH DEBUGGING MODE, maka akan berguna untuk tujuan debugging.
  • kolom 8 -- 11   : Disebut dengan area A, semua judul divisi,judul seksi, nama paragraph, judul file description (FD), level number 01 dan level number 77 ditulis mulai kolom ke-8.
  • kolom 12 -- 72 : Disebut dengan area B, semua elemen program selain yang ditulis di area A ditulis pada area B.
  • kolom 73 -- 80 : Merupakan kolom yang tidak diproses oleh komputer, jadi jika diisi dengan catatan-catatan apa saja hanya untuk dokumentasi program.
Agak ribet ya?... atau sangat ribet?... :-) yang pasti, kalo kalian emang suka sama bahasa yang satu ini gak akan bilang ribet... percaya deh... 
mungkin Saya cuman bisa bahas sedikit di sesi ini. Untuk sesi berikutnya,, Akan di sisipkan sedikit kodingan sederhana untuk COBOL...
Tunggu yah...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar