Senin, 18 April 2011

Aspek Sosial

Web adalah bagian dari komputasi tertanam dalam pengaturan sosial, dan perkembangannya adalah sebagai banyak tentang mendapatkan hak embedding seperti yang melakukan rekayasa. Pada bagian ini kita akan melihat sosial, kognitif- efektif dan moral konteks Web, dan membahas cara-cara yang sosial 
persyaratan dapat memberi makan ke dalam keputusan rekayasa. Diskusi ini tidak tidak termasuk penegakan standar atau lembaga pemerintahan, yang tercakup dalam Bagian 6. 


5.1 
Artinya, supervenience dan landasan simbol Web sering disebut sebagai seperangkat lapisan, dengan standar, bahasa atau protokol bertindak sebagai platform atas yang baru, lebih kaya, lebih ekspresi- 
formalisms komprehensif bisa duduk. platform tersebut, seperti TCP / IP, secara sengaja dengan tujuan sebagai netral mungkin. Semantic Web adalah jelas contoh arsitektur berlapis namun unprescriptive [32]. representasi berlapis tersebut tidak reduktif - yaitu bagian atas tingkat tidak hanya singkatan ekspresi di tingkat yang lebih rendah. Tapi ada pertanyaan yang menarik untuk dilakukan dengan signifikansi seperti lay-Ered representasi arsitektur. Secara khusus, semakin dekat ke Aspek Sosial 
ekspresi atas yang ditemukan, semakin besar kemungkinan untuk memiliki makna. Dengan yang kami berarti bahwa meskipun bahasa ekspresif perlu memiliki sintaks formal (dan mungkin semantik), untuk menjadi signifikan masih perlu untuk memetakan ke wacana manusia dalam cara yang dimengerti. 
Dalam model Semantic Web, ontologi dimaksudkan untuk melakukan pemetaan ini, dan untuk membuat dialog yang bermakna antara manusia dan mungkin [97] mesin, meskipun penting untuk menjadi jelas bahwa seperti pemetaan tidak sihir: ontologi, sebagai ciptaan buatan, berdiri hanya alam 
sebagai kebutuhan banyak pemetaan ke wacana manusia sebagai struktur mereka peta [113, 289]). Dan dalam hal ini, mereka tidak berbeda dengan terstruktur lainnya formalisms, seperti query [39]. 
Satu pandangan ini mengingatkan pada gagasan filosofis supervenience [168, 169]). Salah satu wacana atau serangkaian ekspresi A supervenes yang lain himpunan B bila ada perubahan pada A memerlukan perubahan dalam B namun tidak sebaliknya. Jadi, pada teori supervenience dari pikiran / otak, setiap perubahan pada priatal negara memerlukan beberapa perubahan di negara bagian otak, namun perubahan di otak negara tidak perlu mengakibatkan perubahan pada kondisi mental. Supervenience adalah sebuah konsep yang kurang kuat dari pengurangan (reduksionis seorang the ORY dari pikiran / otak berarti orang bisa menyimpulkan keadaan mental dari negara bagian otak, psikologi bahwa berikut dari neuroscience). Dan telah dipikirkan selama bertahun-tahun yang supervenience adalah cara yang baik menjelaskan generasi makna: materi uninterpreted di lapisan bawah wacana ini disusun dengan cara yang signifikan sehingga bahan dalam lapisan atas terkendala menjadi bermakna. Ini mungkin cocok untuk berpikir dari Web memiliki semacam ini supervenience layering: tersebut berdampak konstruksi di bagian atas tergantung krusial pada konstruksi makna dalam HTML atau XML atau apapun 
di bawah ini. Jika kita melihat tingkat yang lebih tinggi dari Web sebagai yg datang setelah di lebih rendah, kemudian muncul pertanyaan untuk apa dasar tingkat Web adalah, dan pertanyaan lebih lanjut apakah mereka harus mengambil beberapa bentuk tertentu atau lainnya. Orang tidak harus berlangganan ke persyaratan untuk grounding simbol (yaitu kebutuhan untuk menghindari simbol berarti ing yang 'membumi' hanya dalam simbol-simbol lain, dan sebaliknya yang membumi 
oleh beberapa hubungan langsung dengan rujukan - persyaratan - [129, 130] 
bahwa Wittgenstein, antara lain, membantah dapat dipenuhi - [291]) untuk 
5.2. Web penalaran 
mengharapkan untuk melihat beberapa jenis wacana simbol uninterpreted bermain peran mendasar. 'Artinya adalah menggunakan' adalah slogan terkenal yang mewakili wawasan kunci dalam filsafat kemudian Wittgenstein bahasa. Ini jelas berisi sangat wawasan penting, dan diterapkan untuk bahasa alami adalah cara yang ampuh mesti bijak untuk memahami makna dalam hal apa yang orang menggunakan bahasa mereka lakukan. Pemahaman yang sama berlaku untuk Web Semantic, tetapi ada 
pertanyaan yang lebih luas 'memakai' apa yang terdiri masuk Dalam dunia mesin processing dan interoperabilitas data, banyak penggunaan atau wacana adalah secara otomatis oleh komputer. Untuk alasan itu, tidak jelas bahwa definisi dalam kata-kata, atau kode, atau menggunakan cukup spesifik, tidak akan cukup untuk dijabarkan istilah untuk Web Semantic dengan akurasi yang cukup untuk 
memungkinkan deduksi logis untuk mengambil tempat. Stabilitas dari referen kunci URI, misalnya, bisa memungkinkan banyak otomasi dalam spesifik topik daerah - gagasan ilmu sebagai makna mendasari mengingatkan dari teori Hilary Putnam [233]. Fakta bahwa Semantic Web bekerja di dunia data relasional, dengan mesin melakukan banyak kerja, berarti bahwa tidak selalu berwewenang untuk menyelesaikan masalah definisi dan logika yang telah terbukti sangat tahan terhadap analisis dalam dunia bahasa alamiah, meskipun mungkin wawasan baru diperoleh dari landasan di URI dibahas dalam bagian 3.1.2 di atas. 
Sebagaimana telah kita lihat, ada berbagai isu dalam ilmu Web dengan akar semantik, filosofis atau logis. Ini bukan pertama kalinya bahwa praktisi paradigma komputasi tiba-tiba harus membiasakan diri dengan Philosophical Logic. Proyek umum dalam Artificial Intelligence (AI) mencoba untuk menghasilkan umum beradaptasi masalah-pemecah berdasarkan deskripsi simbolik dan penalaran, 
sopir (dan prima facie masuk akal) yang kuat dari penelitian AI melalui 1960-an dan 1970-an, akhirnya kandas pada kesulitan-Speci fying segala sesuatu yang diperlukan untuk komputer untuk alasan tentang sewenang-wenang duduk. Kegagalan ini menyebabkan nama meremehkan 'GOFAI' (Good Lama Kuno AI) untuk proyek tersebut. 

Aspek Sosial 
Beberapa berpendapat bahwa GOFAI terhambat oleh kegagalan untuk memecahkan bingkai masalah, kenyataan bahwa dunia nyata penalaran tampaknya sangat situ diciptakan, dan bahwa setiap deskripsi atau representasi tidak pernah dapat dibatasi untuk berdamai dengan signifikansi lokal - untuk mengerti apa-apa komputer harus mengerti segala sesuatu [133, 82]). Lain mengatakan bahwa AI 
tidak bisa alasan tentang apa-apa sampai ada hubungan yang solid antara syarat dengan mana suatu alasan komputer dan referen nya, sambungan tidak disediakan oleh program programmer 'di [129, 130]. Ada juga telah klaim tentang jenis hal komputer atau robot adalah, walaupun kritik dari hardware kurang penting di sini dari kekurangan dari dasar-dasar semantik dan logis GOFAI (Cf. [255]). 
Ada, itu harus berkata, argumen AI-independen yang akan tampaknya mendukung proyek GOFAI, bahwa (misalnya) 'mengetahui bagaimana' hanyalah spesies 'yang mengetahui', dan bahwa pengetahuan prosedural adalah, apapun penampilan, hubungan antara agen dan proposition [267], tetapi argumen tersebut tidak tampaknya harus ditanggung oleh teknologi. Sebuah alternatif untuk GOFAI, ia berpendapat, relatif bodoh metode berdasarkan sintaks dan komputasi numerik - unintel ini '- 
ligent 'metode (seperti PageRank, IR, NLP) ternyata banyak berperilaku lebih efektif. 
Hal ini dikatakan oleh beberapa bahwa Web - dan khususnya Seman Proyek Web tic - mengancam untuk membuat semua kesalahan yang sama seperti GOFAI. Secara khusus, kebutuhan untuk menciptakan ontologi untuk membantu berbagi data dan sebagainya pada telah dilihat sebagai memerlukan konteks teori-bebas dari segala sesuatu [158]. Proyek CYC banyak dikutip, untuk menghasilkan sebuah basis pengetahuan raksasa dan penalaran 'akal sehat' mesin inferensi untuk mendukung [183] ​​tidak 
tampaknya telah rusak bagian belakang masalah, sedangkan ontologi pro diproduksi oleh gerakan ontologi formal filosofis [124, 106, 210] tampak agak rumit dan menakutkan, meskipun telah disarankan 
bahwa mereka dapat digunakan (sebagai semacam ontologi 'dalam') untuk membawa bersama-sama 
tumpang tindih ontologi ringan dan berhubungan mereka untuk setiap [228] lainnya. Pada akhirnya, pergi argumen, itu adalah sifat terletak dari gigi manusia menghasilkan suatu definisi yang memungkinkan bagi pikiran manusia untuk melakukan indah processing pengetahuan didistribusikan dan multimodal. 
5.2. Web penalaran 
Di sisi lain, klaim bahwa Web, dan SW di tertentu, akan memukul masalah yang sama seperti GOFAI harus dilihat dalam konteks berbagi, manipulasi dan interogasi dari relasional data seperti yang disebutkan pada program SW. Data yang sudah dibagi dan digabung dalam sejumlah konteks oleh aplikasi tujuan khusus, yang menjahit bersama mendasari ontologi dengan pemetaan yang relevan dan 
Terjemahan. Terjemahan ini tidak perlu bersifat universal, dan tidak perlu bertujuan untuk menghasilkan suatu ontologi yang konsisten secara global. SW generalises semacam ini pendekatan untuk sistem data bersama dengan mengembangkan standar untuk peta ping antara set data; argumen lebih lanjut diperlukan untuk menetapkan bahwa program ini akan jatuh busuk keberatan standar dan praktis hambatan untuk GOFAI. Secara khusus, SW tidak bergantung pada, atau selalu bercita-cita, 
produksi tingkat kecerdasan dipertimbangkan oleh theo GOFAI-rists. solusi parsial akan bekerja, dan akan ditujukan, di SW. Ini tentunya baik jika agen buatan dapat menghasilkan rentang dari kesimpulan yang mungkin manusia, tapi itu bukan tujuan eksplisit SW, dan SW tidak akan gagal jika seperti agen adalah tidak diproduksi. Tujuannya adalah untuk menghasilkan ekstensi ke Web yang akan memungkinkan lebih informasi yang akan diproduksi lebih mudah dalam menanggapi pertanyaan. GOFAI 
bertujuan untuk menghasilkan suatu sistem yang cerdas menunjukkan manusia-tingkat intelijen; SW harus membantu sesuatu yang tingkat kecerdasan manusia (Biasanya seorang manusia) dalam akuisisi penemuan informasi sehari-hari, dan pemrosesan [17]. 
Ada juga argumen bahwa ontologi tampaknya kurang problematic bila dilihat dari perspektif ini. Bouquet et al menjelaskan C-OWL (atau Konteks-OWL), perpanjangan dari OWL yang memungkinkan konteks ontologi tergantung untuk diwakili [41]. Dan setidaknya satu commentator telah melihat SW sebagai calon penyelamat dari sistem pakar program penelitian. Sedangkan besar kekuatan pengetahuan basis pengetahuan ke dalam jaket, di mana hal-hal yang tidak sesuai tidak mendapatkan diwakili, dan representasi pengetahuan adalah hal yang sedikit demi sedikit didorong oleh kontingensi the cies dari KRL itu, SW menyediakan sarana untuk fleksibilitas yang lebih besar representasi dan menangkap dari alasan. Ulet hiper-pengetahuan basis, mengandung banyak link keluar dan representasi dari beberapa 76 Aspek Sosial pengetahuan yang sama atau yang terkait harus lebih adaptif terhadap perubahan dan kembali [110]. 
Alternatif cara penalaran 
Ada berbagai jenis penalaran, tetapi tidak terlalu banyak berhasil otomatis di luar penalaran deduktif linier dan varIOUs metode statistik. Apa metode alternatif memiliki fasilitas Web-tated? Salah satu kandidat yang jelas adalah penalaran asosiatif, dimana penalaran atas dasar asosiasi - yang dapat sangat tidak terduga dan personalisasi - mengambil satu menuruni kereta pemikiran [202]. Jadi, untuk ujian- 
Misalnya, kasus klasik dari penalaran asosiatif diberikan dalam novel Proust Remembrance of Things Past, di mana narator setengah baya, setelah makan Madeleine yang telah dicelup dalam teh, menemukan dirinya diangkut kepada anaknya- kap di Combray, ketika Bibi Onie L akan memberinya Madeleine pada hari Minggu pagi. Di Web, potensi nalar asosiatifing sangat besar, mengingat jumlah besar hyperlink asosiatif, dan sifat dunia kecil dari Web. Google-seperti pencarian, berharga meskipun mereka diragukan lagi adalah, tidak bisa seluruh cerita di dunia kecil merasuk perangkat, perangkat lunak agen dan sistem terdistribusi [127]. Namun, asosiatif penalaran melalui hyperlink, meskipun yang menarik dan metode penting, bukan satu-satunya cara untuk pergi tentang itu. Jenis ini penalaran penalaran tidak ketat asosiatif yang tepat, sebagai diasosiasikan negosiasi adalah dari penulis, orang yang menempatkan hyperlink ke dokumen. Dalam adegan Proust, hal ini seperti Marcel mengambil gigitan nya Madeleine dan tiba-tiba dan tak terduga mempersepsikan kenangan tukang roti. Buka hyperlink memungkinkan pembaca untuk menempatkan struktur link lebih dari yang ada halaman Web, menggunakan informasi seperti metadata tentang halaman yang dimaksud, ontologi yang relevan dan model user [54]. Associativity jelas salah satu kekuatan pendorong utama dari Web sebagai penyimpan pengetahuan tepi dan sumber informasi. Asosiatif penalaran, misalnya, telah digunakan untuk kolaborasi dalam sistem penyaringan rekomendasi [177]. Tipe lain dari penalaran penalaran analogis, sangat lain pasti jenis penalaran bahwa manusia sangat berhasil menggunakan. Penalaran dengan bekerja analogi dengan mengenali karakteristik serupa antara dua subyek, dan kemudian dengan asumsi bahwa mereka memiliki lebih banyak subyek 

5.2. Web penalaran 
 karakteristik yang sama - secara khusus bahwa jika subjek A memiliki aset P, maka dengan analogi begitu juga subjek B [109]. Jelas keberhasilan penalaran analogi tergantung pada memiliki representasi dari dua subjects yang memungkinkan untuk tempat analogi, dan yang sesuai hati-hati (tetapi kreatif) secara benar penalaran. Kasus berbasis penalaran (CBR) adalah jenis baik dieksplorasi penalaran analogis. Penalaran analogi dapat dibuat untuk bekerja di con menarik teks [199], dan mesin penalaran ada [266]. Sketsa suatu pendekatan menggunakan penalaran analogi untuk menghasilkan metadata tentang sumber daya telah muncul baru-baru ini [299], dan penjelasan berbasis kasus dapat berguna dalam domain mana model kausal yang lemah [214]. Dalam sebuah domain dijelaskan oleh beberapa ontologi, teknik penalaran analogi mungkin akan berguna sebagai penalaran bergerak dari satu set deskripsi ontologis terhadap lain, meskipun sama perubahan sudut pandang juga dapat komplikasi- 
peduli hal. Ada telah mencoba menarik untuk mendukung alasan logis (yaitu CBR) di seluruh pengetahuan desentralisasi seperti kompleks- struktur tepi [70], dan juga ekstensi untuk XML untuk mengungkapkan kasus berbasis pengetahuan [66]. 
5.2.3 
Penalaran bawah inkonsistensi 
Web adalah media demokratis. Penerbitan murah, tetapi itu berarti bahwa kita harus mengharapkan inkonsistensi. Untuk Web-prinsip klasik ciple mantan quodlibet falso, bahwa pernyataan bersama dan 
penyangkalan memerlukan setiap proposisi apa pun, jelas terlalu kuat. Menegakkan konsistensi memeriksa dan mencoba kontradiksi penjahat adalah non-starter berkat tekanan sosial terhadap inkonsistensi pada Web, atau bahkan lainnya sistem terdistribusi berskala besar. Kemungkinannya 
kesalahan (entri data yang tidak benar) tentu saja tinggi. Berbahaya atau orang konten dacious akan ada. Tapi yang paling penting, akan ada yang serius perselisihan dengan itikad baik dalam segala macam bidang. Kekuatan sosial ini membuat inkonsistensi tak terelakkan di setiap bagian yang layak berukuran dari Web - dan memang sudah didorong banyak strategi penalaran gies di AI, dimana sistem dirancang dengan harapan memiliki untuk mengatasi dengan basis pengetahuan bertentangan, atau di mana kemungkinan ada yang pernyataan yang benar dalam model pada satu titik mungkin tidak 78 Aspek Sosial benar lebih lanjut. Strategi-strategi semacam menganggap kesimpulan yang terletak, dan bahwa keinginan untuk menemukan dan mengekspos kontradiksi adalah tergantung pada konteks (lih.misalnya [140] untuk contoh awal dari AI). Keuntungan utama dari logika klasik adalah bahwa hal itu skala. Maka salah satu solusi untuk masalah ketidaksesuaian adalah untuk mengembangkan strategi untuk menangani dengan kontradiksi karena mereka muncul. Sebagai contoh, sesuatu di Web ditegaskan oleh beberapa formula dalam dokumen, tetapi berbeda dokumen tidak perlu dipercaya pada tingkat yang sama. Terkait dengan dokumen akan metadata dari berbagai jenis, yang dapat membantu memutuskan apakah pernyataan dalam satu dokumen harus menimpa penyangkalan tempat lain. Atau, ini merupakan kesempatan aplikasi untuk paraconsistent logika, yang memungkinkan ekspresi inkonsistensi tanpa corre- sponding deduktif free-untuk-semua. logika Paraconsistent melokalisasi efek ketidakkonsistenan, dan sering memerlukan relevansi semantik proposisi digunakan dalam pengurangan (bukti quodlibet falso mantan membutuhkan conjunction sebuah proposisi tidak relevan dengan yang bertentangan), yang mencegah efek dari penyebaran luar hotspot bertentangan 
[15, 262], dan lihat [231] untuk survei). pendekatan lainnya termasuk memiliki nilai kebenaran ganda untuk komplikasi- peduli analisis kontradiksi (dan munculnya kontradiksi mungkin memang sering terjadi karena berbagai faktor kontekstual yang sangat sulit untuk menganalisis dan meresmikan). Dan salah satu dari beberapa jenis logika paraconsistent dengan sejarah implementasi terhormat sebagai 
serta bersih dan teori semantik bukti dijelaskan logika [95, 271]). Modal logika, yang mungkin memperlakukan sumber daya Web sebagai dunia mungkin dalam inkonsistensi yang buruk, tetapi antara yang diperbolehkan, akan sudut lain, tentu pendekatan ini penting dalam agen masyarakat [mis 270]. 
Dalam istilah Web Science, isu dari "benar" logika untuk Web akan tergantung pada konteks, tujuan analisis dan sebagainya. Tetapi jelas bahwa pemodelan Web adalah penting untuk beberapa tujuan di mana bukti yang diperlukan tentang apa yang mensyaratkan oleh serangkaian laporan (untuk Misalnya, dalam menemukan apakah informasi telah digunakan dengan benar atau salah - cf. [287]). Dan di SW, logika memainkan peran yang lebih besar. Yang logika sesuai untuk Web, atau SW? Masalah apa yang skala harus kita mengantisipasi? Apakah ada metode ad hoc yang mungkin mendapatkan putaran

5.3. Web epistemologi 
masalah logis dalam, dan biarkan logika relatif mudah untuk fungsi dengan daerah terbatas dari aplikasi? Dan bagaimana bisa standar kerja, dan pengaturan standar membantu menyelesaikan masalah-masalah logis? 
5.3 
Web epistemologi 
Komputer telah merevolusi epistemologi, dan yang paling Web dari semua. Ide seperti Web Semantic bertahan kemungkinan sebuah extension otomatisasi pengolahan informasi. Gerakan e-ilmu telah terbukti sangat menarik. Filosofis, metode ilmiah telah terbukti sulit untuk memakukan, tapi ini sebagian karena logis struktur penelitian dan kesimpulan yang pasti dirusak oleh manusia dan sifat kolektif dari proses, yang berarti bahwa sosial proses, proses politik dan heuristik penemuan setidaknya sebagai penting sebagai logika. elain itu, dengan memungkinkan penjelasan tentang asal dan lainnya 
isu-isu yang mendasari pengetahuan generasi, Web memungkinkan yang kuat dan sdilembagakan apresiasi konteks pengetahuan (apa yang mengasumsikan, metode apa yang menciptakannya, dan akhirnya apa politik dan sosial berakhir pengetahuan dikembangkan untuk melayani). metadata tersebut seringkali penting dalam evaluasi heuristik pengetahuan, dan Web memberikan kesempatan untuk memahami sejarah sepotong-pengetahuan tepi, dan kontribusi bahwa sejarah yang membuat untuk trustworthi nyaness [110]. 
Ada dua pertanyaan epistemologis penting untuk Web Science. 
Yang pertama adalah sifat-sifat apa yang akan platform masa depan perlu dalam rangka 
untuk memungkinkan informasi sebanyak mungkin untuk tertarik ke Web dengan- 
keluar memaksakan teori struktur atau pemerintahan atasnya? Salah satu tujuan dari 
Web adalah untuk memfasilitasi diskusi rasional ide-ide, bukan jenis 
penuh benci serangan ad hominem yang membentuk agak terlalu banyak dari apa yang 
secara longgar disebut perdebatan [30]. 
Dan kedua, Web memiliki struktur desentralisasi radikal. 
Mengingat bahwa, tentu saja dapat digunakan frivolously atau jahat. Bagaimana 
bisa kita buat lebih mungkin daripada kurang, yang baik ilmu dan baik 
epistemologi berakhir di Web, dan bukan takhayul? Memang, adalah bahwa 
hal yang baik? Pada umumnya, kebanyakan orang berperilaku dengan itikad baik dengan 
80 Aspek Sosial 
menghormati satu sama lain di sebagian kalangan. Dan pendapat berbeda, bahkan 
dengan itikad baik. Tapi ada tetesan konstan bukti bahwa Web 
sedang digunakan untuk semen pendapat, dalam situasi politik yang terpolarisasi [3], 
dalam kelompok-kelompok marjinal [272], dan bahkan di kalangan teroris [245, 285]. 
Bisakah kita menemukan keseimbangan terbaik antara pertukaran bebas dari pendapat dan 
membatasi kesempatan untuk marginalisasi disengaja diri? 
5.4 
Web sosiologi 
Web adalah cermin untuk masyarakat manusia, dan mencerminkan kepentingan, obses-
aksesi dan keharusan eksistensi manusia abad ke-21 diperpanjang selama 
jangkauan yang sangat luas (mungkin jangkauan terluas dari setiap informasi manusia 
ruang) nilai, budaya set dan asumsi. Analisis pencarian 
syarat diketik ke Google mungkin menjadi sumber kunci untuk sejarawan 
masa depan. Pada bagian ini kita akan melihat hubungan antara 
Web dan penggunanya, pembaca dan penulis. Apa orang dan com- 
komunitas perikanan ingin dari Web, dan apa online perilaku yang diperlukan 
untuk Web untuk bekerja? Ini adalah terutama pertanyaan yang sulit mengingat 
heterogenitas radikal dari Web - beberapa orang ingin menggunakan Web 
untuk berbagi informasi, beberapa untuk liburan dan hiburan, beberapa ingin 
untuk mengeksploitasi informasi yang didistribusikan di Web untuk melakukan ilmu 
dengan cara-cara baru yang radikal, yang lain menginginkan arena untuk perdagangan, sementara masih 
lain ingin membuat dan orang-orang semacam utopia anarkis yang telah 
terbukti offline begitu sulit dipahami (cf. [186]). 
5.4.1 
Komunitas kepentingan 
Web telah melahirkan sejumlah komunitas menarik dan novel 
dengan sifat menarik. Sebagai contoh, Massively Multiplayer Online 
Peran-Playing Game (MMORPG), di mana penerbit menyediakan per- 
ruang online sisten di mana permainan berlangsung, telah melahirkan raksasa 
ekonomi dan kode etik saleh sebagai komunitas yang sangat besar 
pemain (kadang-kadang urutan juta) menghabiskan semakin besar 
jumlah waktu online [55]. Potensi untuk perilaku di com seperti- 
komunitas perikanan akan tentu saja tergantung untuk sebagian besar pada apa yang arsitektur- 
membangun struktur memungkinkan [186], dan ukuran masyarakat tersebut dapat sangat besar. 
Pada awal 2001, telah dilaporkan bahwa 84% pengguna Internet di Amerika 
5.4. Web sosiologi 
81 
(90m orang) menggunakan internet untuk tetap berhubungan dengan semacam kelompok;
bahwa laporan, oleh proyek penelitian Pew Internet, sangat informatif 
tentang cara-cara yang Amerika menggunakan Web untuk tetap berhubungan dengan 
segala macam kelompok kepentingan [145]. 
Kita telah melihat beberapa metode struktur berbasis 
mengungkap cybercommunities; masyarakat juga dapat dipelajari oleh 
melihat komunikasi antara anggota dan pengetahuan 
mereka berbagi [185]. Proxy atas kepercayaan (misalnya, bekerja kolaboratif 
atau email jaringan) juga dapat digunakan untuk memetakan penyebaran masyarakat 
kepentingan atau praktek [12, 216, 151, 297], yang dapat memiliki manfaat nyata dalam 
sejumlah daerah. Misalnya, evaluasi program pendanaan 
dirancang untuk mendorong penelitian lintas disiplin dapat didukung oleh bukti yang- 
insidens untuk pembentukan atau sebuah komunitas baru dengan melihat 
pola kolaboratif kerja [10]; grafik email diarahkan telah 
digunakan untuk mengidentifikasi peran kepemimpinan [151]; konflik kepentingan yang potensial 
antara penulis dan pengulas karya ilmiah yang telah memantau 
pola menggunakan Tored dari kenalan di jaringan sosial [14]. Sebuah studi 
blog politik di pemilihan presiden AS tahun 2004 menunjukkan pola menarik- 
terns karakteristik perilaku politikus liberal dan konservatif- 
komentator kal; kedua belah pihak menemukan item berita yang berbeda signifikan, 
dan dihubungkan lebih erat ke situs ideologis menyenangkan, meskipun 
blogger konservatif terkait lebih padat baik satu sama lain dan 
oposisi liberal [3]. Temuan ini sejalan dengan prediksi hukum 
Cass sarjana Sunstein [272] tentang perilaku orang dalam sebuah online 
dunia di mana personalisasi konten yang mungkin dan rutin, meskipun 
survei terbaru dari para ahli terkemuka menunjukkan bahwa prediksi tersebut tetap 
kontroversial dan diperdebatkan [103]. 
Web dan Internet pada umumnya, mendukung jenis baru 
interaksi, dan memberikan perspektif abad ke-21 pada beberapa lama 
yang. survei terbaru telah menemukan peningkatan besar dalam jumlah 
orang menjual sesuatu online [184], menggunakan mesin pencari [236], menggunakan 
Webcam [237] dan mendengarkan podcast [238]. Web, dan lainnya baru 
teknologi seperti komputer luas telah memungkinkan konsep-konsep baru 
ruang untuk mengembangkan dan mendukung metode baru berinteraksi online 
(Cf. [55]), atau interaksi baru antara ruang virtual, ruang fisik 
atau ruang teoritis atau diukur seperti peta dan rencana [79]. Web 
82 Aspek Sosial 
interaksi yang penting sehubungan dengan masyarakat yang ada di tiga 
cara: meningkatkan transparansi, memungkinkan komunitas offline untuk tumbuh 
luar 'alami' mereka batas-batas, dan memungkinkan berbeda, lebih dikodifikasikan, 
jenis komunikasi antara anggota masyarakat [71]. 
Secara umum, promosi metode baru berinteraksi dan semen- 
ing masyarakat - dan memang jenis baru masyarakat - adalah salah satu 
Tujuan dari generasi Web berikutnya, sebagai bagian dari tujuan yang lebih umum untuk
meningkatkan jumlah bahan di Web, untuk membuatnya lebih relevan 
kepada lebih banyak orang, dan untuk membuat orang untuk menambahkan sumber daya ke Web tanpa 
dipaksa untuk. Tidak mungkin untuk memprediksi apa masyarakat atau 
jenis interaksi akan mengembangkan, tetapi segala sesuatunya sama meninggalkan sebanyak 
pilihan mungkin terbuka harus memfasilitasi perkembangan novel (cf. [186]). 
Orang-orang akan menggunakan platform baru dengan cara baru dan tak terduga, 
yang sering berkembang selama jangka panjang (membuat mereka sulit untuk mengamati 
bahkan ketika perilaku berubah). Selanjutnya, mengikuti tren pertama 
tangan melibatkan mengamati pengguna dalam lingkungan sehari-hari mereka; con lab- 
kondisi baik tidak pantas [108]. Oleh karena itu pemahaman teknik apa 
dan persyaratan arsitektur yang ditempatkan di Web oleh kebutuhan 
masyarakat merupakan masalah yang [277]. Dan Web Ilmu kebutuhan 
tidak hanya analisis efektif interaksi pengguna "di alam bebas" sehingga untuk 
berbicara; ini harus berjalan seiring dengan perkembangan teori 
(Baik di tingkat sosiologis dan teknis) tentang apa itu tentang 
sukses partisipatif teknologi seperti RSS, folksonomi, wiki 
dan blog, yang umum di seluruh ruang. Dan, last but not least, 
apa antarmuka yang penting? 
5.4.2 
Informasi struktur dan struktur sosial 
Struktur sosial dari Web tergantung pada struktur rekayasa 
kain yang mendasari tingkat atas. Pemahaman dari relasi 
antara manusia dan teknologi, implikasi bagi masyarakat 
manusia menjadi alat-dengan menggunakan hewan, telah menjadi ciri dari Philo yang banyak 
sophical, politik dan sosial komentar Pencerahan-posting 
periode, misalnya dalam karya Marx dan Heidegger. Web adalah 
refleksi dari kehidupan intelektual dan sosial manusia, tetapi juga secara khusus 
direkayasa untuk menjadi alat. 
5.4. Web sosiologi 
83 
Secara khusus, struktur Web ini merupakan lanjutan pada tradisi yang lebih lain- 
internasional struktur data. Semua struktur data berskala besar akhirnya pasti 
dengan beberapa bentuk kongruensi dengan konteks manusia, misalnya 
dalam suatu organisasi atau perusahaan [50]. Informasi hirarki, untuk 
Misalnya, telah dikembangkan dalam hierarki sebagai struktur informasi 
tertentu yang memenuhi kebutuhan organisasi embedding itu. Masalahnya 
dengan hirarki adalah informasi yang cenderung digunakan dalam konteks itu 
awalnya dibuat untuk. Reuse informasi sering bermasalah, 
tetapi dalam sebuah organisasi yang sangat hirarkis dengan Sejalan hierar- 
sistem informasi chical, masalahnya adalah finessed oleh pengetahuan tidak 
biasanya yang diambil di luar konteks yang diciptakan (bdk. 
misalnya [295]). 
Ini bukan untuk mengatakan bahwa pohon tentu jenis buruk struktur- 
mendatang, dunia pohon-berorientasi XML perbaikan pada line- 
orientasi UNIX. Pohon memungkinkan kemungkinan yang penting, seperti 
top-down terstruktur desain, menyembunyikan informasi, dan derajat kontrol 
dikombinasikan dengan fleksibilitas. Namun perilaku dalam struktur semacam itu 
dibikin adalah: laporan GOTO dianggap berbahaya, misalnya, 
karena kontrol pengolahan hilang, dan analisis dan verifikasi 
program menjadi sewenang-wenang keras (cf. [77]). Untuk mendapatkan dari satu bagian 
hirarki informasi satu sama lain biasanya harus naik sampai 
node umum untuk setiap subtree tercapai dan kemudian turun di detik- 
o ligasi subtree. Untuk terstruktur, lingkungan terpusat di mana kontrol 
penting, ini adalah inovasi penting. 
Inovasi rekayasa dari Web adalah apa yang menciptakan nilai tambah 
untuk pengguna manusianya. Pengembangan URI memungkinkan cepat dan 
traversal tidak dibatasi ruang informasi ke segala arah; dari 
setiap titik dalam satu ruang web bisa mencapai titik lain dengan segera (satu 
dapat memilih untuk dibatasi oleh link berikut atau output dari pencarian 
mesin, tentu saja). Dengan kata lain, GOTO adalah kembali; gotos global 
yang disahkan, karena ketika gerakan semacam itu dibiarkan kemungkinan 
dibuka dari reuse kebetulan. Reuse dalam situasi diprediksi, sebagai 
terjadi dengan struktur hirarki informasi, juga bisa terjadi pada 
Web, dan gotos memiliki biaya mereka. Analisis interaksi 
dan kerjasama yang lebih keras, sebagai Dijkstra diprediksi, dan juga sistem 
tergantung pada fungsi pemeliharaan dan tepat dari ruang URI. 
84 Aspek Sosial 
Demikian pula, kesederhanaan menyediakan halaman error 404 bila tidak ada 
sumber daya yang ada pada URI disodorkan merupakan insinyur penting- 
ing faktor, yaitu browser telah berhasil berkomunikasi dengan server 
tapi server itu baik mampu atau tidak mau kembali halaman. Kunci 
adalah bahwa tampilan kesalahan 404 merupakan tanggapan ringan untuk kegagalan 
yang tidak menghambat aktivitas pengguna dengan cara apapun; menekan tombol 'back' 
tombol pada browser mengembalikan segalanya kepada status quo ante. The 
Web tidak dapat berfungsi tanpa ini toleransi kesalahan. 
Informasi struktur bukanlah struktur sosial berbasis hanya pada 
Web; pengguna lain memiliki satu set proses yang lebih berorientasi persyaratan. 
Bagi banyak isu penting adalah tidak berbagi informasi melainkan 
berbagi keahlian; untuk pengguna tersebut, kuncinya adalah tidak begitu banyak untuk menyediakan 
ontologi sebagai cara untuk mengekspresikan alur kerja. Dan pemodelan informasi 
aliran daripada negara telah menyediakan rute yang menarik ke dalam CRE the- 
asi dan penemuan layanan web [208, 98]. Di sisi lain, seperti dalam 
daerah lain, ontologi dan alur kerja yang tidak sesuai, meskipun mereka 
menangani isu-isu yang berbeda, memang, pembangunan alur kerja dapat ontologi- 
dimediasi [225]. Dan pemodelan bijaksana alur kerja dapat menghasilkan dis- 
didistribusikan dan dinamis tugas pemahaman (misalnya untuk komponen layanan Web- 
sition) yang menghindari over-sentralisasi ditetapkan alur kerja [282]. 
Informasi yang Web menyediakan digunakan dalam proses yang berguna embed- 
DED dalam masyarakat manusia, mungkin yang paling jelas produktif manusia 
bekerja. Memahami cara yang informasi dan teknologi Web 
digunakan untuk tujuan tertentu merupakan tujuan penting untuk Web Science. 
Data tentang ini bisa sulit didapat, tapi ketika data set lakukan menjadi 
tersedia, penelitian sangat menarik bisa dilakukan (seperti [52]). 
5.4.3 
Signifikansi dan metrik yang 
Sebuah konsep yang terkait dengan penggunaan sumber daya Web tertentu dalam suatu proses 
adalah maknanya. Satu bisa menebak makna dari sebuah halaman kepada pengguna atau 
masyarakat sampai tingkat tertentu intuitif: orang mungkin mengharapkan pembayar pajak AS 
menjadi relatif lebih tertarik dalam halaman FAQ IRS daripada sewenang-wenang 
halaman, sebuah Goth di homepage Nine Inch Nails ', dan wanita konservatif 
di angryrepublicanmom.com. Ada beberapa metode untuk memperbaiki 
potensi berbagai penafsiran intuisi seperti melalui beberapa keras 
5.4. Web sosiologi 
85 
matematika, yang merupakan cara yang baik untuk mulai memahami sosial 
dimensi Web. Dan pemahaman pentingnya halaman 
adalah penting untuk tugas non-sepele halaman pemesanan diambil selama 
Web pencarian dan pengambilan. 
Signifikansi dapat didekomposisi menjadi dua jenis metrik: relevansi 
dan kualitas [76]. Relevansi dihubungkan dengan gagasan query: bagaimana 
banyak pertanyaan tidak halaman menangani? Perbedaan cara menjawab 
pertanyaan yang telah menyebabkan perkembangan sejumlah penting 
algoritma, namun pada dasarnya idenya adalah bahwa sebuah halaman menangani query ketika 
baik itu berisi informasi yang relevan dengan query, atau titik-titik pembaca 
ke sumber daya yang berisi informasi seperti [294]. Satu pendekatan adalah untuk 
melihat struktur hyperlink yang memberikan konteks untuk halaman web, 
dan mencoba untuk menyimpulkan ukuran relevansi dari struktur-struktur. 
Jadi, misalnya, model Boolean sederhana menghitung jumlah 
query istilah yang muncul dalam dokumen, yang dapat peringkat halaman berdasarkan 
pada permintaan kata penghubung, atau transformasi dari disjunctions atau negations 
menjadi konjungsi. Maka itu adalah langkah cukup logis untuk menggunakan rekursif 
menyebarkan algoritma aktivasi untuk menyebarkan query, dengan mencari 
permintaan ketentuan dalam dokumen tetangga, mengurangi signifikansi coef- 
ficients sebagai sumber daya diuji mendapatkan lebih jauh dari aslinya 
Halaman [294]. 
Di paling-dikutip model, halaman diberi skor yang merupakan 
jumlah jumlah kata-kata query yang terkandung dalam halaman-halaman yang 
link ke sana. Jadi model-paling dikutip menemukan otoritas daripada hub, 
relevansi meskipun sederhana (tanpa berusaha otoriter-hak istimewa 
hubungan lebih dari hub) juga dapat dihasilkan menggunakan aktivasi menyebar 
Algoritma [76]. 
Selain konektivitas hyperlink sederhana, lebih canggih langkah-langkah 
didasarkan pada model ruang vektor yang dokumen dan query 
dipandang sebagai vektor [76]. Jadi, misalnya, TFxIDF memberikan relevansi sebuah 
skor ke dokumen berdasarkan jumlah bobot dari istilah permintaan 
dinormalisasi dengan panjang vektor Euclidian dokumen; bobot 
istilah dihitung sebagai produk-salib Term Frekuensi (TF) 
dan Frekuensi Dokumen Invers (IDF). Sebuah TF adalah ukuran dari 
frekuensi kemunculan istilah dalam dokumen, sedangkan IDF adalah 
mengukur jumlah dokumen terkait yang berisi istilah [180]. 
86 Aspek Sosial 
TFxIDF gagal memperhitungkan informasi penting pro- 
yang diberikan oleh sambungan hyperlink halaman [47], tapi bahkan termasuk seperti 
informasi dalam suatu algoritma yang lebih luas tidak mengungguli TFxIDF oleh 
jarak [294, 76] besar. 
Lain mengukur relevansi jelas dalam e-commerce atau 
e-publishing lingkungan adalah untuk mengukur jumlah download per 
kunjungi. pola seperti penggunaan dan akuisisi dapat dipelajari untuk menghasilkan 
peta atau jejak jalan bahwa pengetahuan sedang ditransfer ke dan 
digunakan oleh komunitas pengguna. Percobaan di sepanjang garis-garis ini telah menunjukkan 
bahwa perubahan signifikan sering terjadi sangat tiba-tiba, bersama terkait 
acara-acara seperti pembuatan link ke sumber daya dari luar 
situs, atau beberapa diskusi situs oleh komentator eksternal [9]. 
Struktur hyperlink di mana halaman web menemukan konteksnya juga 
informatif tentang proxy kualitas. Jika ada link dari satu halaman ke 
lain, yang dapat dibaca sebagai dukungan dari kertas kedua dengan 
yang pertama. Itu adalah hipotesis yg dpt dibatalkan yang tergantung untuk sebagian besar 
pada perilaku orang-orang yang benar-benar menciptakan halaman web - ternyata 
bahwa sejumlah besar link yang memang mendukung dokumen lainnya 
untuk beberapa derajat, bahkan jika hanya sebagai alternatif sumber informasi tentang 
topik yang sama. Ukuran matematika ini tertanam dengan kuat di 
kontingen sosiologi Web. Selanjutnya, metode tersebut dapat 
diterapkan ke item multimedia di Web yang tidak mungkin mengandung 
terutama menarik teks yang untuk mencari, seperti misalnya dengan 
sistem temu bergambar PicASHOW [182]. 
Ada dua teknik utama untuk mengekstraksi informasi yang berkualitas 
dari struktur hyperlink [76]. metode Co-kutipan berbasis didasarkan 
pada wawasan yang link ke atau dari halaman cenderung berkonotasi beberapa 
kesamaan jenis. Jika dua halaman menunjuk ke halaman ketiga, maka 
dua halaman pertama mungkin berbagi topik yang menarik, jika sebuah poin halaman ke 
dua halaman lainnya, maka dua terakhir juga dapat berbagi topik. Acak 
metode berjalan berbasis menggunakan model dari Web sebagai grafik dengan halaman sebagai 
node dan link sebagai ujungnya diarahkan (lihat Bagian 4.1.2 di atas) dan mengembangkan 
probabilitas statistik berdasarkan random walk sekitarnya. Ukuran 
kualitas halaman keluar dari metode tersebut dengan mengukur kualitas 
dari halaman lain terhubung ke, dan penyaringan oleh derajat mereka 
5.4. Web sosiologi 
87 
koneksi. Bersama dengan metrik relevansi, metrik kualitas kemudian dapat 
peringkat hasil pencarian [76]. 
Yang mengukur kualitas yang paling terkenal adalah PageRank [221], dibahas 
sebelumnya, yang dibangun pada intuisi bahwa halaman yang dikutip oleh 
halaman lainnya kemungkinan akan kualitas yang signifikan. Wawasan dari 
PageRank adalah bahwa cara yang jelas untuk menumbangkan model yang mengatur 
beban halaman dummy untuk mengutip halaman mana yang ingin meningkatkan. 
Tetapi jika halaman yang dikutip oleh halaman lain yang memiliki sendiri 
PageRank yang tinggi, maka kemungkinan untuk menjadi berkualitas tinggi. PageRank 
metode memiliki karakterisasi lain intuitif yang pada pandangan pertama tampaknya 
untuk tidak ada hubungannya dengan kualitas: ini adalah probabilitas bahwa acak 
surfer akan mencapai halaman [47]. Nilai dari tindakan ini tercermin 
dalam keberhasilan Google dalam hal umur panjang, nilai pasar dan saham 
pasar mesin pencari. Selanjutnya, untuk lain kualitas mengeksploitasi 
ide random walk [181], kadang-kadang eksplisit memperluas ide-ide 
mendasari PageRank [235]. 
Ide terkait HITS algoritma Kleinberg, berdasarkan ide 
faktor dampak dari bibliometrics [171]. Penjelasan asli 
faktor dampak untuk jurnal akademik adalah bahwa orang bisa melihat 
jumlah kutipan untuk jurnal dalam konteks disiplin sebagai 
keseluruhan. Satu kemudian dapat model berat pengaruh jurnal sebagai 
fungsi bobot pengaruh jurnal mengutip dan fraksi 
kutipan dari jurnal-jurnal tersebut mengutip yang mengutip jurnal yang bersangkutan. 
Analog penalaran menetapkan sebuah algoritma untuk mengukur laman web 
kualitas, baik dari segi nilai otoritas dan nilai hub nya. 
Pola penggunaan dapat dikarakterisasi secara independen dari langkah-langkah 
kualitas atau relevansi. Apa kemungkinan dokumen yang 
diakses dalam waktu tertentu? Apakah waktu yang diharapkan sebelum 
selanjutnya akses dokumen itu? Mengetahui jawaban atas pertanyaan-pertanyaan seperti
memungkinkan identifikasi halaman, sumber daya dan dokumen yang 
mungkin sering diakses, dalam hal ini mereka dapat PREFETCHED, 
atau dibuat lebih tersedia bagi pengguna. Prefetching dapat dilakukan pada 
nama pengguna, berdasarkan menggunakan profil tertentu nya, atau dengan server 
berdasarkan statistik tentang pola penggunaan dalam populasi secara keseluruhan. 
Aplikasi lain dari statistik tersebut adalah pengembangan adaptif 
88 Aspek Sosial 
situs web, di mana penyajian materi dan hyperlink intra-situs 
struktur dapat bervariasi secara otomatis berdasarkan situs belajar 
dari penggunaan sebelumnya [227]. Variabel yang berhubungan dengan pola penggunaan dapat 
menggali keluar dari log server yang berisi waktu dan URI mengakses 
permintaan, bersama dengan model bagaimana tergantung probabilitas masa depan 
pada penggunaan terakhir [76]. 
5.4.4 
Kepercayaan dan reputasi 
Kualitas dan signifikansi berkaitan dengan resepsi halaman menerima 
dari seorang pembaca, keyakinan pembaca tentang halaman secara inheren lebih 
subjektif dari metrik yang diuraikan di atas. Ini subjektif keyakinan 
cenderung berkumpul di bawah kepercayaan pos. Kami telah melihat 
kecenderungan bagi otoritas dan hub untuk muncul sebagai fokus cyber- 
masyarakat. situs tersebut dengan cara-cara penting terpercaya: kewenangan 
dipercaya oleh penulis laman web lain untuk mengandung informasi yang dapat dipercaya, sedangkan 
(Berhasil) hub dipercaya oleh pengguna untuk menunjuk ke tempat-tempat yang dapat diandalkan 
informasi dapat diperoleh. 
Kepercayaan adalah, tentu saja, merupakan faktor penting dalam pengembangan 
Web, dengan berbagai bidang. Ilmiah atau makalah akademis yang terpercaya 
untuk melaporkan hasil yang benar. Penulis halaman dipercaya untuk menjadi diri mereka 
mengatakan mereka. Web services dipercaya untuk melakukan apa yang mereka katakan mereka akan 
melakukan tanpa kerusakan kepada orang lain. E-commerce situs yang dipercaya untuk membuat 
penggunaan yang tepat dari rincian kartu kredit, untuk mengirim barang yang dipesan, dan untuk menjaga 
data yang aman. Arsitektur dari Web, yang secara eksplisit memfasilitasi 
anonimitas dan menyalin akurat, membuat kepercayaan sangat penting 
masalah. 
Belajar online kepercayaan sangat sulit karena beberapa 
konteks di mana terjadi interaksi secara online. Sebuah survei terbaru [116] 
menemukan bahwa penelitian sering gagal untuk membedakan antara kepercayaan, 
penyebab kepercayaan dan pendahulunya yang dapat dipercaya. Kepercayaan adalah berbagai 
pasti, 'harapan percaya diri' sebagai 'kesediaan menjadi rentan', 'a 
sikap positif umum '. Kepercayaan dalam sistem dan kepercayaan pada individu 
adalah berasimilasi seolah-olah hal ini dipermasalahkan. Fokus studi empiris 
sering ketat dan cukup benar mendefinisikan istilah mereka, tetapi definisi 
jarang umum di studi, dan perbandingan sulit jika tidak 
5.4. Web sosiologi 
89 
tidak mungkin, dan kadang-kadang didefinisikan ketat hampir tidak membangun 
dikenali sebagai (folk-psikologis) kepercayaan [215]. Kepercayaan adalah juga bukan statis 
Fenomena, itu adalah dinamis, sering ada periode waktu di mana 
kepercayaan sebuah situs dibangun. Pengguna web pada berbagai tingkat pengalaman
juga memiliki tingkat kepercayaan yang khas yang berbeda [85]. 
Semua ini sangat berarti kepercayaan yang tidak dapat diproduksi oleh CRE- 
Ating alat yang tepat dan teknologi - bahkan jika itu otomatis merupakan 
hal yang baik untuk menghasilkan kepercayaan, yang tidak (tujuan utama adalah untuk insinyur- 
Neer hubungan kausal antara kepercayaan dan kepercayaan). Trust tidak akan 
ajaib muncul online. Sama seperti orang tidak akan otomatis mengikuti 
kode etik, yang lain tidak akan secara otomatis mengasumsikan bahwa orang fol- 
rendah kode etik. Dan karena kepercayaan adalah tidak hanya pribadi baik tapi 
satu publik, orang akan selalu dapat 'tumpangan gratis' untuk di 'orang lain baik 
perilaku [56]. 
Ada dua tingkat signifikansi sehubungan dengan diundangkan 
kepercayaan di seluruh Web yang menuntut pendekatan yang berbeda. Pertama ada 
adalah tingkat sistem secara keseluruhan, dimana seseorang mencoba untuk memverifikasi bahwa 
peraturan yang mengatur gaya interaksi semua aktor untuk jujur. The 
Strategi utama pada tingkat sistem adalah untuk menyediakan infrastruktur untuk 
menjamin keamanan, misalnya dengan menggunakan skema sertifikasi [230] 
atau teknologi privasi-meningkatkan [234], dan mengambil rute Hobbes 
untuk menghalangi perilaku tidak bermoral - itu membuat terlalu mahal untuk melakukan, untuk 
satu alasan atau yang lain. Untuk itu, mekanisme tersebut sangat 
terkait dengan isu-isu yang harus dilakukan dengan Web Pemerintahan. 
Kedua, ada tingkat individu, di mana satu harapan bahwa 
mitra interaktif seseorang atau lawan jujur, reciprocative dan 
aturan-berikut ini. Di sini cenderung mengandalkan pada umpan balik tentang perilaku, beberapa- 
bagaimana keuntungan pengguna Web reputasi. reputasi adalah suatu elemen kunci untuk 
percaya, karena menyajikan sketsa trustee diabstraksikan (mandiri) 
dari sejarah [205]. Berdasarkan sejarah sebagai itu, reputasi tidak 
dan tidak dapat mengikat perilaku masa depan, karena itu tidak menghapus risiko. 
Berdasarkan berbagai pertimbangan, sebagian besar yang subjektif atau 
memiliki unsur subyektif yang kuat, fungsi diagregasi dari perwakilan a- 
utation dimaksudkan untuk kelancaran keluar pendapat jahat tertentu atau tunggal 
acara. 
90 Aspek Sosial 
Beberapa baris penelitian adalah penting untuk memahami cara terbaik 
untuk mengumpulkan dan memahami reputasi (cf. [239]). Metode apa yang akan 
memungkinkan peringkat untuk dikumpulkan yang menentukan kepercayaan dari Web 
pengguna? Bagaimana seharusnya peringkat tersebut digabungkan? Bagaimana seharusnya kita alasan 
atas agregasi ini? Dan bagaimana mereka harus dipublikasikan? Dan sebagai 
dengan banyak pertanyaan tentang Web, apa trade-off antara 
hati-hati mengasah dan sistem akurat yang mungkin mahal untuk digunakan, dan 
sistem kasar-dan-siap yang memiliki utilitas untuk 90% dari tujuan, yang 
adalah sepele untuk menggunakan dan memiliki besar buy-in dari basis pengguna yang besar. 
reputasi eBay dan mekanisme umpan balik [86], dimana peringkat yang 
mentah +1 atau -1 nilai dijumlahkan bersama dengan penjelasan tekstual, adalah 
tentu saja contoh terbaik dari mekanisme reputasi terkenal. Nya 
keandalan terbuka untuk menantang: beberapa pembeli tidak kembali peringkat; bias 
dapat terjadi (tergantung pada apakah pengalaman baik atau buruk lebih 
mungkin dilaporkan); reputasi bootstrap, sebelum seseorang memiliki antar- 
bertindak sama sekali, mungkin sulit, salah bisa membayangkan cara memanipulasi 
proses (cf. [242]). Di sisi lain, keberhasilan komersial eBay 
adalah jelas, dan jumlah aktual dari penipuan di eBay, meskipun beberapa 
kasus dipublikasikan dengan baik, tampaknya tidak menjadi sangat besar. Seperti Google, 
ini kasus di mana suatu sistem, sederhana scalable tampaknya melakukannya dengan sangat baik? 
Isu yang terkait dan kompleks adalah menemukan metrik untuk mengukur 
kepercayaan untuk peringkat individu dan algoritma untuk agregasi masuk akal. 
Kebanyakan metrik melibatkan beberapa skor antara +1 dan -1, biasanya yang nyata 
nomor. Dua masalah yang jelas muncul. Pertama, karena kepercayaan kita / ketidakpercayaan adalah 
jarang sempurna, bagaimana seharusnya salah pilih nomor tertentu? Dan detik- 
ondly, bagaimana harus membedakan antara dua interpretasi yang mungkin 
0, yang bisa berarti 'saya tidak memiliki pengalaman dengan orang ini, sehingga memiliki 
tidak ada pendapat ', atau' saya memiliki pengalaman, tapi saya netral tentang dia atau 'nya. 
Selain itu, ada beberapa sumber informasi tentang kepercayaan yang 
tampaknya menjadi penting dalam membuat penilaian: misalnya, sebelumnya 
interaksi satu telah dengan wali amanat; laporan saksi-saksi; sertifikasi- 
Cates, dan peran yang wali amanat adalah bermain [152]. Dan, tergantung 
mengenai persyaratan, orang dapat memilih nilai kepercayaan dihitung atas dasar 
dari beberapa perspektif obyektif atau Archimedean, atau di sisi lain 
nilai yang dihitung dalam konteks sendiri, kepercayaan dan preferensi 
kepentingan (dan karenanya nilai trustee's bisa bervariasi dari Enquirer ke 
5.4. Web sosiologi 
91 
Enquirer). Evaluasi metrik kepercayaan adalah pasti sulit, meskipun tidak 
mustahil jika konteksnya cukup dapat diberikan untuk membuat evaluasi 
bermakna (cf. [114]). 
Kepercayaan menjadi orde kedua yang baik, sulit untuk dihitung, dan tugas-relatif, 
akan terlihat bahwa semua metrik harus perkiraan dan akan 
tergantung pada apa yang akan bekerja terbaik; yang lain argumen untuk rel- 
atively mentah pendekatan eBay. Karena itu, ada sistem, seperti 
sebagai MENYESAL [246], yang memungkinkan pengguna untuk memberikan rating konten mereka lebih kaya 
oleh annotating mereka; agregasi dilakukan oleh penalaran fuzzy. 
Kadang-kadang metrik kuantitatif tidak pantas. Untuk 
Misalnya, ketika menilai sumber informasi, itu mungkin bahwa pengguna 
benar-benar perlu melihat penjelasan dan analisis oleh pengguna lain. tepuk The- 
terns penggunaan informasi tentu sulit untuk dihitung, dan bulu- 
thermore mungkin bertentangan atau tidak lengkap, dalam hal bahwa mungkin 
jadi, dalam kompak, domain dipahami dengan baik paling tidak, semantik 
markup dokumen mungkin cara paling membantu maju [111]. The 
Pertanyaannya kemudian adalah bagaimana cara terbaik untuk mengeksploitasi expressivity tambahan sehingga 
diperoleh: apakah investasi berharga dalam bahasa formal, atau gabungan 
formal / semi formal / informal pendekatan? Namun demikian, kisah nyata oleh 
pengguna yang sebenarnya, meskipun mereka membutuhkan bandwidth yang tinggi, seringkali sangat 
informatif. 
Kesaksian orang lain, bagaimanapun berkumpul, mewakili atau efisiensi secara agregat dalam 
gated, jelas yang penting bagi pengembangan dan pendukungan 
kepercayaan dapat diandalkan. Struktur Web telah terbukti sugestif dalam hal ini 
lapangan, dalam struktur yang sangat Web-seperti yang membuat Anda ke sewenang-wenang 
halaman web di World Wide Web juga bisa membuat Anda cepat ke Testi- 
Mony seseorang yang Anda tidak tahu di Web Trust. Sebagai orang selama 
menyimpan pengalaman mereka dengan cara yang dapat diandalkan, maka mereka dapat memanfaatkan 
oleh pengguna lain dengan menggunakan algoritma agregasi [misalnya 243]. 
Persyaratan untuk sistem tersebut adalah bahwa ada beberapa informasi 
tion suatu tempat di mana orang telah menggambarkan keyakinan mereka tentang lain- 
ers, dan telah dikaitkan bahwa informasi ke dalam Web Trust beberapa- 
bagaimana. Setelah informasi tersebut tersedia, dapat digunakan untuk membantu mencegah- 
tambang reputasi. Aplikasi ini mulai muncul, salah 
yang paling menonjol adalah FOAF [45] - http://www.foaf-project.org/), 
sebuah RDF / OWL berbasis ontologi yang telah diperpanjang dengan 
92 Aspek Sosial 
kosakata untuk menggambarkan hubungan seseorang dengan dan pendapat 
teman [115]. 
Trust, seperti yang sering ditunjukkan, tidak transitif (yaitu, jika 
A B percaya dan B trust C, itu tidak berarti bahwa A trust C). Itu 
tampaknya akan melemahkan Web pendekatan Trust. Namun, jika A trust 
B, B percaya C dan B merekomendasikan C ke A, maka itu merupakan alasan untuk A 
percaya C. rantai akan memecah akhirnya, tetapi belum tentu 
segera, dan mungkin menurunkan anggun. Jadi selama pengertian tentang 
degradasi dibangun ke generasi ukuran kepercayaan berdasarkan 
Web pendekatan Trust, maka masih mungkin untuk model atau 
menghasilkan kepercayaan berdasarkan laporan saksi mata atau pendapat disimpan [115]. Ini 
telah berpendapat bahwa expressivity dari Web Semantic diperlukan 
untuk memastikan bahwa agregasi informasi kepercayaan adalah bukan hanya heuris- 
tic di alam; itu adalah isi dari atribusi dari kepercayaan atau 
dinyatakan yang diperhitungkan. Setelah seseorang menerbitkan sebuah file yang mengatakan yang 
mereka tahu dan berapa banyak mereka percaya mereka, bahwa informasi sosial dapat 
diproses tanpa perantara [115, 243]. 
Masa Depan bekerja dalam memahami bagaimana informasi dapat kepercayaan 
yang diambil dari struktur web-seperti adalah topik sentral dalam eksplorasi 
jaringan sosial dan representasi mereka Web-seperti. Richardson et al 
telah menunjukkan bahwa path aljabar dan interpretasi probabilistik dari 
eksplorasi grafik Web dari Trust hampir identik [243]; 
hasil ini dapat digunakan sebagai metode halaman peringkat dalam pencarian Web? 
Dan semua metode yang mengeksploitasi Web dari Trust menyederhanakan atribusi 
kepercayaan; dapat metode diperluas untuk mencakup keyakinan multi-dihargai dan 
data lainnya (seperti metadata tentang asal)? Mengingat pentingnya 
dari konten ke pemetaan Webs kepercayaan, maka bisa jadi bahwa 
kepercayaan-menghasilkan teknik dapat memainkan peran yang serupa dengan Semantic 
Web sebagai algoritma seperti PageRank, yang mengekstrak informasi dari 
link uninterpreted struktur, bermain di WWW. 
5.4.5 
Trust (II): bukti Mechanising 
Ada, akhirnya, sebuah coda sosiologis berkaitan dengan kepercayaan: kita mempercayai 
mesin dan proses otomatis yang diletakkan di bawah cara ketika kita 
bekerja atau bermain di Web? Telah dikatakan bahwa budaya kita sekarang 
5.4. Web sosiologi 
93 
berurusan dengan dua pengertian tentang bukti. Dalam satu tampilan, seperti Wittgenstein berpendapat, sebuah 
bukti adalah gambar yang berdiri di membutuhkan ratifikasi, yang akan saat 
kita bekerja melalui itu [292]; itu meyakinkan kita. Ini menjelaskan dan menunjukkan 
kebenaran proposisi terbukti secara bersamaan. 
Jenis lain bukti mekanis dan algoritmik, ini mungkin 
lebih dapat diandalkan daripada bukti-gambar sebagai-, tetapi untuk dapat diterima memerlukan itu 
diambil pada kepercayaan bahwa langkah-langkah dalam bukti harus dilakukan dengan benar. Kepercayaan 
diperlukan (a) karena bukti mungkin unsurveyable, dan (b) bahkan 
jika tidak tidak efisien atau biaya-efektif untuk memeriksa setiap bukti mekanis 
dengan tangan. Wittgenstein tidak hidup untuk melihat bukti mekanik kompleks 
menjadi biasa, tapi ia mencurahkan waktu untuk berpikir tentang 
implikasi, dalam (pada saat itu tidak biasa) pandangannya matematika sebagai 
kegiatan, dan berhati-hati untuk membedakan antara bukti-gambar sebagai-dan 
mekanik bukti. Dia menyimpulkan bahwa keputusan kita untuk percaya mekanik- 
bukti kal secara sukarela dan bahwa hasil mereka tidak dipaksa 
kami [292]. 
Ketika bukti mekanik yang luas dan kompleks muncul di 
adegan, dilema yang Wittgenstein diperkirakan diikuti. Untuk ujian- 
Misalnya kemungkinan bukti formal dari kebenaran program adalah 
diperdebatkan di beberapa artikel terkenal dan kontroversial. DeMillo 
et al menyatakan bahwa bukti-as-gambar yang diperlukan untuk sistem yang akan 
(Sosial) yang dapat digunakan, tetapi mesin tidak bisa memberikan mereka [73]. FET- 
Zer berpendapat bahwa ada kebingungan terus-menerus antara dua jenis 
bukti mekanik, yang satu urutan logis formula mana 
setiap rumus dapat berupa aksioma berasal dari formula di atas dengan 
kebenaran-melestarikan aturan, dan yang lainnya yang dibuat oleh sebuah mesin [100]. 
Either way, artikel, dan respon sengit kepada mereka, menunjukkan bahwa 
gagasan bukti otomatis adalah kontroversial. 
Saat ini, lebih banyak aspek kehidupan sehari-hari (keuangan, kesehatan dan 
keamanan, fungsi utilitas) berada di bawah naungan sistem otomatis 
sistem pendokumentasian. Dan ketika Web mengambil lebih banyak informasi rutin pengguna- 
mation pengolahan tugas (seperti dengan SW), kebutuhan akan kepercayaan manusia 
dalam sistem mekanik adalah jauh lebih besar. Banyak kepercayaan yang merupakan 
fungsi tak terduga dari pengalaman [85], dan kita tidak dapat meniadakan 
kebutuhan untuk kepercayaan dalam penilaian manusia kolektif serta mesin 
sendiri [192]. Hubungan antara kepercayaan dalam diri kita bersama 
94 Aspek Sosial 
dan kepercayaan di hardware dan software adalah satu sulit untuk menguraikan, 
namun pengembangan Web akan tergantung krusial di atasnya. 
5.4.6 
Web moralitas dan aspek konvensional menggunakan Web 
Moral dan pertanyaan etika adalah bagian penting dari Web Science 
agenda. Mereka diperlukan untuk pemahaman kita tentang bagaimana Web 
bekerja, dan, tidak kalah pentingnya, bagaimana Web dapat tumbuh. 
Kesederhanaan hubungan antara URI dan khusus Web 
sumber daya merupakan kunci untuk meningkatkan ruang informasi. Upaya untuk sub- 
vert hubungan ini bisa sangat merusak Web dan Seman- 
tic Web. Ancaman terhadap struktur yang akan merusak hubungan antara 
URI dan apa yang ditampilkan pada layar, dan semakin com- 
kompleks rekayasa mendapatkan, semakin sulit akan untuk mendeteksi seperti 
subversi. 
Web adalah struktur sengaja desentralisasi. Sisi lain dari 
yaitu bahwa tidak ada otoritas untuk menegakkan perilaku yang baik. Meskipun 
tentu kasus yang banyak jenis perilaku penting untuk Web 
untuk bekerja (artinya, konvensi, komitmen) dapat dipahami dari 
sudut pandang rasional kepentingan diri [261], jika kita asumsikan ada 
hadiah untuk perilaku buruk, baik dari komisi (peluang untuk memperoleh oleh 
kecurangan) atau kelalaian (kegagalan untuk memelihara sebuah website memuaskan), maka 
rasionalitas kepentingan sendiri tidak bisa sepenuhnya menjelaskan bagaimana seperti koperasi 
perilaku mendapat dari tanah [144]. analisis Namun jauh seperti pergi, ada 
merupakan unsur non-rasional yang mendalam untuk perilaku seperti [254]; orang harus 
berperilaku baik. 
Ada banyak teks tentang perilaku yang baik, tentu saja. The 
Tujuan teks ini bukan untuk saham klaim ke salah satu dari wilayah itu. Apa 
penting dalam Web Ilmu adalah cara bahwa rekayasa, sambungan 
antara URI dan apa yang ditampilkan pada layar, tergantung pada par- 
konvensi khusus mereka perilaku yang pada suatu tingkat altruistik. Ada 
mungkin hal-hal untuk mengatakan tentang sanksi untuk menegakkan perilaku yang baik seperti 
(Lihat Bagian 6), tetapi bukan tempat suatu ilmu dari Web untuk bekerja 
tahu cara memberikan kepemimpinan moral, atau berolahraga beberapa- 
kali konflik sulit yang keinginan untuk bertindak secara moral sering muntah. 
Namun ada peran untuk Web Ilmu untuk menentukan apa rekayasa 
5.4. Web sosiologi 
95 
praktek yang penting, dan bagaimana mereka berhubungan dengan kesediaan orang 
untuk berperilaku dengan cara yang kooperatif. Analisis semacam itu dapat menyebabkan kode 
perilaku yang mungkin tidak berlaku tetapi dalam arti menentukan 
moral perilaku dalam konteks Web. Moralitas dan putar rekayasa 
keluar yang akan dihubungkan. 
Mari kita ikuti contoh hubungan antara URI dan apa 
menunjuk pada detail. Sayangnya, sebagai orang yang telah mempertahankan 
Website akan tahu, lebih dari tekanan waktu merusak sambungan 
terbentuk. Beberapa tekanan disebabkan oleh kesulitan rekayasa asli, 
tekanan beberapa hanya godaan atau kemalasan. Tapi Web akan berfungsi 
URI lebih baik jika tidak berubah, jika mereka selalu menunjuk ke dokumen yang sama 
(Yang tentu saja dapat diperbarui secara berkala). 
Jumlah kerja link sebenarnya menurun cukup pesat. Sebuah 
eksperimen yang disebutkan sebelumnya merangkak 150m laman web selama 11 minggu, dan 
pada minggu ke-9 para peneliti telah kehilangan akses ke lebih dari 10% dari mereka 
halaman (sekitar 4% telah hilang dalam minggu pertama). Sekitar 3% 
kembali 4XX kesalahan, kebanyakan dari mereka 404 kesalahan (tidak ditemukan), dan sebagian besar 
yang 403s sisanya (dilarang). Sekitar 3% dari halaman diblokir oleh Web 
server 'robots.txt file yang terdeteksi dan ditolak crawler Web. 2 - 
3% dari kegagalan adalah jaringan terkait, seperti DNS lookup kegagalan, 
koneksi ditolak atau timeout TCP, sementara sekitar 2% adalah 3xx kesalahan, 
menunjukkan halaman telah pindah. Yang bersih dan.. Domain com adalah Appar- 
ently pelanggar terburuk [99]. 
Menghindari URI perubahan ini lebih mudah dikatakan daripada dilakukan. Misalnya, ketika 
website adalah reorganisasi, godaan adalah untuk menyediakan rapi baru rasio- 
nal (tidak sah) set URI mengekspresikan filosofi organisasi baru. Ini 
yang menggoda, tetapi akhirnya tidak bijaksana. link menggantung membuat frustasi, dan 
benar-benar melakukan banyak untuk melemahkan kepercayaan dalam website dan perusahaan (a 
berfungsi, baik disajikan dan website yang tampak profesional menjadi seorang 
penting penguat kepercayaan online - cf. [116]). Namun, mengingat bahwa ref semua 
erences untuk URI oleh pihak yang berkepentingan adalah 'ketinggalan zaman', dalam bahwa mereka 
catatan, disimpan dalam daftar orang-orang favorit, menulis di atas kertas atau eksplisit 
link dari situs lain, penemuan yang dibuat di masa lalu, mereka tidak dapat 
mudah diperbarui [27]. 
Hal ini sebagian pertanyaan gaya. [27] mencakup seperangkat saran 
tentang apa yang tidak termasuk dalam penamaan direktori dan file: penulis 
96 Aspek Sosial 
nama, subyek, status, hak akses, dll Semua yang kedua bisa tampak 
cukup masuk akal sebagai nama file, tapi selama skala waktu dari Web ini 
dapat mengubah, yang bisa menciptakan tekanan untuk mengubah atau membuat URI 
nama file menyesatkan (yaitu lebih buruk dari artinya). Ini berarti bahwa 
URI memproduksi kebutuhan berpikir agak lebih dari satu akan sebaliknya 
bayangkan, dalam bahwa webmaster perlu memikirkan bagaimana untuk menyajikan 
suite informasi, dan mengatur itu, sedemikian rupa sehingga masuk akal dalam 
masa depan - setidaknya dalam jangka menengah. Ini adalah biaya yang nyata, tetapi jika 
Web berfungsi dengan baik, kebanyakan jika tidak semua webmaster harus mengikuti seperti 
konvensi. 
Ini adalah contoh dari cara moralitas hits rekayasa di Web. 
Berbeda dengan pembangunan suatu artefak kompleks seperti mesin pesawat terbang atau 
kapal, 'pekerja' individu di Web belum dicabut keputusan 
hak melalui kontrak. Di Web, semua orang sukarelawan. Tapi ada 
adalah kewajiban, tugas yang satu incurs dengan menjadi online karena 
sifat koperasi dari Web, dan pertemuan kewajiban-kewajiban ini adalah bagian 
dari tugas menciptakan invariants penting dalam pengalaman Web. 
Contoh lain, pada tingkat pribadi, adalah menjaga konten up to date 
dan akurat. 
Sosial, penting untuk mengidentifikasi dan mencoba, mana mungkin, insinyur- 
Neer keluar perilaku berbahaya (yang berbahaya baik untuk individu dan ke 
Web secara keseluruhan) seperti phishing, atau hoaxing PageRank dan lainnya 
algoritma mesin pencari. Tidak akan ada solusi rekayasa yang benar-benar 
terhadap perilaku tersebut; itu terjadi dalam konteks Web diberikan, dan mereka 
yang memanjakan diri di dalamnya akan selalu tergoda untuk bekerja di sekitar skr pun- 
sewa blok. Tapi kode etik dan jenis lain diskusi tentang 
Web dapat membuat konsensus tentang apa yang merupakan tugas online dan 
apa yang merupakan perilaku buruk (konteks adalah penting: mengapa spam 
suatu zat iritasi yang serius, dan surat sampah relatif kecil?) dan, akibatnya, 
tentang perilaku apa yang harus disahkan, apa yang diamanatkan, dan 
apa fungsi terkait arsitektur mungkin diharapkan untuk menyediakan. 
Online hubungan erat antara teknik dan moralitas tidak biasa jika 
tidak unik. Keluar fleshing kewajiban ini adalah aspek luar biasa 
pemahaman kita tentang Web, dan di bagian akhir substantif kami 
kita melihat beberapa masalah yang menimbulkan lebih terinci.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar