Rabu, 14 Desember 2011

Memformat Media Penyimpanan Melalui Terminal

hmmm...
pernah memformat Flashdisk atau harddisk?

memformat merupakan kegiatan yang mudah. Kalian cukup me-klik kanan pada media penyimpanan yang ingin di format, lalu memilih menu format.

Cara diatas dapat dilakukan melalui desktop berbasis GUI (Graphical User Interface), tapi pernahkah kalian mencoba format melalui CLI (Command Line Interface)? Nah, sekarang kita coba yang namanya format melalui CLI.


Cekidot...!!

  • Buka terminal, lalu ketikkan perintah dmesg|egrep hd.\|sd. Perintah ini berfungsi untuk melihat daftar media penyimpanan yang terhubung dengan komputer kita.


Gambar 1. 1 Bagian atas
Gambar 1.2 Bagian bawah

  •  Nah, setelah muncul daftar media penyimpanan, hal yang perlu dilakukan berikutnya adalah memilih media penyimpanan yang ingin di format. Pada kesempatan kali ini, Saya akan mem-format harddisk external yang berkapasitas 500GB. Biasanya partisi media penyimpanan dibaca sebagai partisi sd. untuk media penyimpanan internal biasanya terbaca sebagai sda, media penyimpanan  external ada dua jenis, sdb untuk flashdisk dan sdc untuk harddisk external.
  • untuk melakukan perintah format, cukup mengetikkan perintah:  mkfs.vfat /dev/sdc

Gambar. 2 Perintah format
  • Di terminal, tertulis perintah tambahan, yaitu -I. hal ini Saya lakukan karena, ketika harddisk diformat dengan cara diatas sempat muncul tulisan: mkfs.vfat: Device partition expected, not making filesystem on entire device '/dev/sdc' (use -I to override). makanya, Saya coba beri perintah -I agar si harddisk bisa diformat.
  • Oh iya, jika perintah yang Kamu masukkan hasilnya seperti pada Gambar 2, artinya Kamu berhasil mem-format media penyimpanan.
  • Selamat mencoba.... :D
nb: Perlu dicatat, Saya menggunakan sistem operasi Linux distro BlankOn Pattimura. Dan, jika ingin mem-format media penyimpanan, Anda harus menjadi root dan media penyimpanan yang akan di format wajib di unmount terlebih dahulu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar