Kamis, 12 Desember 2013

Konversi .svg ke .sif menggunakan svg2sif

Lama juga males nulisnya

hmmm... maklum ya, saya lagi persiapan sidang nih.. Hhehehe.. Jadi lagi sibuk-sibuknya..

Berhubung sekarang udah banyak waktu kosong karena dapet jadwal sidang masih lama, saya mengisi waktu luang dengan belajar animasi. nama aplikasi yang digunakan synfig studio. banyak yang bilang, ini macromedia flash di linux..

Dari kemaren gua bingung, karena inkscape gak bisa save file dalam bentuk format .sif. Padahal, synfig hanya menerima ekstensi .sif.

Loh, apa hubungannya sama inkscape?

Hhehehe.. maaf maaf, lupa jelasin saya. untuk membuat objek di synfig, kita bisa membuatnya secara langsung di synfig atau pun dari aplikasi pengolah gambar vektor lainnya. yang jelas, aplikasi pengolah gambar vektor yang digunakan harus bisa export ke ekstensi .sif..

Nah.. setelah minta wangsit ke mbah, akhirnya saya menemukan situs ini https://github.com/nikitakit/svg2sif. disini saya bisa mengunduh ekstensi yang dibutuhkan. nama ekstensi itu adalah svg2sif. Setelah diunduh, saatnya memasang svg2sif ke inkscape.
Ikuti langkah berikut:
  • ekstrak file svg2sif-master.zip
  • Buka terminal, masuk sebagai root. kemudian ketik "nautilus"
  • setelah jendela nautilus terbuka, copy file yang telah diekstrak tadi lalu paste ke direktori /usr/share/inkscape/extensions/
  • Setelah melakukan langkah diatas, buka inkscape lalu pilih menu exstensions. cari tulisan synfig -> prepare for export. 
  •  Setelah itu, pilih menu file -> save a copy -> pilih ekstensi .sif



  •  Kalo sudah selesai, silahkan  bereksperimen... Hhahaha

Bagaimana, mudah?
Silahkan bersenang-senang dengan synfig dan inkscape ya... :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar