Minggu, 09 Desember 2012

Memasang XAMPP 1.8.1 di Ubuntu 12.04

Hahaha...

Berhubung Gua lagi gak ada kerjaan, akhirnya posting lagi deh... :D

Beberapa bulan yang lalu, Gua dikasih tugas ama dosen. Tugasnya buat web gitu. Berhubung Gua mahasiswa yang baik, Gua kerjain deh tugasnya.

Kalo mau bikin web, biasanya kita butuh server. Disini, Gua pake xampp 1.8.1 sebagai localhostnya. xampp yang gua donlot ini versi terbaru cuy. Biasanya, Gua pake versi 1.7.3a.


Hal pertama yang mesti Lo lakuin adalah, mendonlot file xampp-nya... :D
Gak harus donlot juga sih, minta ama temen juga boleh... Hhohoho

Kalo udah donlot, buka terminal terus masuk ke direktori file xampp. Abis itu, ketik perintah ini

$ sudo tar xvfz xampp-linux-1.8.1.tar.gz -C /opt/

Kalo udah kelar ekstraknya, sekarang jalanin deh si xampp. ketik perintah ini

$ sudo /opt/lampp/lampp start

Terus, buka browser kesayangan Lo. Ketik localhost di kolom url-nya. Kalo berhasil, nanti si xampp minta pilihan bahasa. Kalo udah, nanti tampilannya bakalan kayak gini

Tampilan utama xampp 1.8.1
Berhasil deh nginstal xampp-nya... :D
Eittss, jangan bangga dulu. Coba klik phpmyadmin deh.

Bisa ke buka? Hhaha
Pasti surat cinta kayak gini yang Lo dapet.. :D

Access forbidden pada phpmyadmin
Jangan panik, setelah berkelana di mbah google (ceileh...), Gua nemu cara setting phpmyadmin-nya.
masih bermain-main didalam terminal, ketik perintah ini

$ sudo gedit /opt/lampp/etc/extra/httpd-xampp.conf

Ketika Lo ngetik perintah diatas, file httpd-xampp.conf pun muncul.
Terus, dibaris ke 19 Lo tambahin script ini --> Require all granted
Perhatiin deh kedua gambar dibawah ini.

httpd-xampp.conf sebelum di edit

httpd-xampp.conf setelah di edit


Kalo udah kelar, save filenya. Terus, restart si xampp. Caranya, ketik perintah ini

$ sudo /opt/lampp/lampp restart

Kalo udah, cek browser kalian. refresh halaman phpmyadmin-nya (kalo belum ditutup) atau klik lagi tombol phpmyadmin dihalaman utama xampp. Hasilnya, bakalan kayak gini deh



Phpmyadmin


Okey, Gua cuman bisa ngasih segitu doang nih.
Mudah-mudahan bermanfaat ya... :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar